Motif Manusia Berkomunikasi

              Faktor-faktor atau motif manusia dalam berkomunikasi ialah manusia melakukan tindakan komunukasi tentu dilandasi oleh niatan dan motif tertentu. Motif atau alasan orang dalam berkomunikasi secara tidak langsung juga menunjukan fungsi komunikasi pada umumnya.
 Beberapa ahli. Menyebut fungsi komunikasi dengan berbasis pada tujuan komunikasi yaitu fungsi informasi, persuasi, edukasi, dan hiburan. (Wright,1986). Sejumlah ahli yag lain mengelompokkan motif orang berkomunikasi dengan berdasar pada eksistensi individu, relasi antarindividu, dan relasi antar individu dan lingkungan sosialnya.
Fungsi komunikasi dijelaskan oleh Gorden (Mulyana, 2005) Diantaranya fungsi komunikasi sosial, komunikasi ekspresif, komunikasi ritual, dan komunikasi instrumental .
Scheidel(1976) tentang motif dasar manusia dalam komunikasi untuk kepentingan psikis dan pengendalian lingkungan fisik, serta dikategorikan dalam fungsi sosial. Verdevar mengkategorikan fungsi komunikasi menjadi fungsi sosial dan fungsi pengambilan keputusan. Motif individual dan motif sosial disampaikan oleh Zimmerman, Owen, dan Seibert. Serta pengidentifikasi fungsi informasi, persuasi, edukasi, hiburan dan pengawasan lingkungan menurut Wright.
            Gorden mengemukakan tentang empat fungsi komunikasi dengan berdasar kerangka. Pertama, fungsi komunikasi sosial yang secara jelas menunjukan bahwa motif manusia berkomunikasi adalah untuk menunjukkan eksistensi diri dan membina hubungan dengan manusia lain. Kedua, fungsi ekspresif sebagai cara manusia menujukan motif individualnya yang disampaikan bisa diterima, dicerna, dan dipahami manusia lainnya. Ketiga, kegiatan komunikasi yang terbentuk karena dorongan atau tuntutan dari kebiasaan yang dikenal dengan komunikasi ritual. Komunikasi ini tentu tidak terlepas dari tindakan kolektif dalam menjalankan proses dan tujuan yang biasanya berlangsung lama dan tidak harus selalu dikaitkan dengan pelaksanaan kegiatan ritual agama. Keempat, fungsi ekonomi yang bersifat instrumental yang kemudian dikenal sebagai fungsi formal dari kegiatan manusia.
            Para ahli mencirikan pada tujuan-tujuannya seperti memberi informasi, memberi edukasi, membujuk dan menghibur. Ketrampilan komunikasi instrumental dengan tujuan membujuk banyak dibutuhkan dalam dunia bisnis, pemasaran serata bimbingan dan konseling dan dipandang sebagai ketampilan yang banyak di perlukan untuk keberhasilan komunikasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Komunikasi

Manusia Berkomunikasi