Motif Manusia Berkomunikasi
Faktor-faktor atau motif manusia dalam
berkomunikasi ialah manusia melakukan tindakan komunukasi tentu dilandasi oleh
niatan dan motif tertentu. Motif atau alasan orang dalam berkomunikasi secara
tidak langsung juga menunjukan fungsi komunikasi pada umumnya.
Beberapa ahli. Menyebut fungsi komunikasi
dengan berbasis pada tujuan komunikasi yaitu fungsi informasi, persuasi,
edukasi, dan hiburan. (Wright,1986). Sejumlah ahli yag lain
mengelompokkan motif orang berkomunikasi dengan berdasar pada eksistensi
individu, relasi antarindividu, dan relasi antar individu dan lingkungan
sosialnya.
Fungsi komunikasi dijelaskan oleh Gorden
(Mulyana, 2005) Diantaranya fungsi komunikasi sosial, komunikasi ekspresif,
komunikasi ritual, dan komunikasi instrumental .
Scheidel(1976) tentang motif dasar manusia
dalam komunikasi untuk kepentingan psikis dan pengendalian lingkungan fisik,
serta dikategorikan dalam fungsi sosial. Verdevar mengkategorikan fungsi
komunikasi menjadi fungsi sosial dan fungsi pengambilan keputusan. Motif
individual dan motif sosial disampaikan oleh Zimmerman, Owen, dan Seibert.
Serta pengidentifikasi fungsi informasi, persuasi, edukasi, hiburan dan
pengawasan lingkungan menurut Wright.
Gorden mengemukakan tentang empat fungsi
komunikasi dengan berdasar kerangka. Pertama, fungsi komunikasi sosial yang
secara jelas menunjukan bahwa motif manusia berkomunikasi adalah untuk
menunjukkan eksistensi diri dan membina hubungan dengan manusia lain. Kedua,
fungsi ekspresif sebagai cara manusia menujukan motif individualnya yang
disampaikan bisa diterima, dicerna, dan dipahami manusia lainnya. Ketiga,
kegiatan komunikasi yang terbentuk karena dorongan atau tuntutan dari kebiasaan
yang dikenal dengan komunikasi ritual. Komunikasi ini tentu tidak terlepas dari
tindakan kolektif dalam menjalankan proses dan tujuan yang biasanya berlangsung
lama dan tidak harus selalu dikaitkan dengan pelaksanaan kegiatan ritual agama.
Keempat, fungsi ekonomi yang bersifat instrumental yang kemudian dikenal
sebagai fungsi formal dari kegiatan manusia.
Para ahli mencirikan pada tujuan-tujuannya
seperti memberi informasi, memberi edukasi, membujuk dan menghibur. Ketrampilan komunikasi instrumental dengan
tujuan membujuk banyak dibutuhkan dalam dunia bisnis, pemasaran serata
bimbingan dan konseling dan dipandang sebagai ketampilan yang banyak di
perlukan untuk keberhasilan komunikasi.
Komentar
Posting Komentar